Secara etimologi, kata Manajemen berasal
dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti "seni
melaksanakan dan mengatur."
Kata manajemen mungkin berasal
dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti
"mengendalikan," terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang
berasal dari bahasa latin manus yang berarti
"tangan". Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari
bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni
melaksanakan dan mengatur.
Sedangkan secara garis besar,
definisi Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan
melalui orang lain. berarti bahwa seorang manajer adaah bertugas mengatur dan
mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
pengertian manajemen menurut para ahli
Pengertian
Manajemen Menurut:
1.
Ricky W. Griffin adalah sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai
sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada
dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
2.
Stoner adalah proses dalam membuat perencanaan,
pengorganisasian, mengendalikan dan memimpin berbagai usaha dari
anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai
sasaran.
3.
Mary Parker Follet adalah sebuah seni (management
is an art). Setiap pekerjaan dapat diselesaikan melalui orang lain.
4.
George R. Terry adalah suatu ilmu dan seni.
Manajemen merupakan suatu wadah dalam ilmu pengetahuan, sehingga dapat
dibuktikan kebenarannya secara umum.
5.
Koontz adalah seni yang paling produktif
selalu didasarkan pada pemahaman akan ilmu yang mendasarinya. Oleh karena itu,
seni dan ilmu bukannya saling bertentangan satu sama lain, akan tetapi saling
melengkapi.
6.
Wilson Bangun adalah rangkaian
aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk
mencapai tujuannya. Proses merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara
sistematis.
0 comments:
Post a Comment